Mudik aman dengan Motor

Mudik merupakan sebuah tradisi yang dilakukan setiap satu tahun sekali. Mudik ke Kampung halaman dan bertemu sanak saudara merupakan suatu hal yang menyenangkan dan dinanti-nantikan saat Hari Raya Idul Fitri. Apabila Anda hendak mudik lebaran menggunakan sepeda motor berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan bagi pengendara sepeda motor diantaranya adalah sbb:

1. Untuk yang baru pertama kali mudik menggunakan sepeda motor saya sarankan untuk mengendarai motor tanpa penumpang dibelakang (pembonceng). Pengalaman saya ternyata tanpa pembonceng lebih nyaman mengendarai motor untuk jarak jauh.

2. Usahakan apabila mudiknya rombongan gak usah terlalu banyak anggota, cukup 4 atau 5 orang saja. Karena mudik pada puncak arus mudik akan susah mengontrol anggota apabila jumlah rombongan terlalu banyak.

3. Saling tukar menukar nomor HP untuk jaga-jaga apabila ada salah satu rombongan tersesat.

4. Berilah tanda-tanda tertentu pada bagian belakang sepeda motor Anda misalnya dengan menambahkan lampu yang warna mencolok hal ini untuk mempermudah teman kita yang ada dibelakang apabila perjalanan Anda pada malam hari.

5. Persiapkan diri Anda dengan baik jangan mengendarai kendaraan dengan jarak jauh dalam kondisi badan yang tidak fit, jauhkan dari perasaan yang was-was, tenangkan hati dan yakinkanlah bahwa perjalanan mudik Anda akan menyenangkan dan yang tak kalah penting adalah Anda harus “Mengutamakan Keselamatan” diri Anda dan orang lain.

6. Periksa kendaraan Anda sebaik mungkin dimulai dari putaran roda kendaraan Anda. Caranya dengan memutarkan roda kendaraan. Jika terasa berat saat berputar maka kemungkinan ada yang tidak beres pada poros roda tsb maka coba cek roda kendaraan tsb mulai dari as roda kendaraan, Stempet Laher roda hingga Pelek roda kendaraan Anda apakah bengkok atau tidak.

7. Perhatikan angin pada ban kendaraan Anda. Jangan terlalu keras dan jangan terlalu lembek Sesuaikanlah angin yang akan diberikan dengan beban kendaraan yang akan dipergunakan nanti saat mudik. Jika ban kendaraan dalam keadaan kurang angin maka saat Anda mengendarai dan melajukan kendaraan tsb akan terasa berat dan mengakibatkan bensin akan boros, dikarenakan beban yang terlalu berat. Jika terlalu keras angin yang diberikan pada ban maka kemungkinan akan tergelincir karena permukaan ban melenting dan licin saat digunakan apalagi ketika diwaktu hujan. Maka sesuaikanlah pengisian angin tsb dengan kebutuhan atau beban pada kendaraan Anda.

8. Periksa kembali Rem kendaraan Anda apakah masih berfungsi dengan baik apakah perlu di service dan jangan lupa periksa juga oli rem jika kendaraan Anda menggunakannya.

9. Gunakan jaket yang tidak terlalu ketat dan juga “Gunakanlah Helm Standard”
dan disarankan menggunakan Helm Full face (tertutup penuh) jangan menggunakan helm yang asal menempel dikepala dan mudah pecah.

10. Perbekalan sebelum berangkat jangan dilupakan terutama “Air Minum” untuk mengurangi sengatan dari matahari. Utamakan makanan yang mudah dikonsumsi dan mudah tentunya untuk dicerna. Bawa juga makanan ringan atau cemilan untuk dimakan saat kendaraan berhenti atau beristirahat. Tentu hal ini kalau Anda tidak kuat untuk puasa.

11. Istirahatlah sesaat setelah Anda mengendarai motor selama kurang lebih 2 jam di jalan raya di tenda-tenda yang telah disediakan oleh petugas keamanan jalan,masjid,pom bensin atau tempat-tempal lain yang menurut Anda aman. Waktu istirahat gunakanlah dengan memijat-mijat alas kaki bagian bawah dan melemaskan otot-otot. Rebahkanlah tubuh. Dan mengecek lagi keadaan motor.

12. Jangan mengendarai kendaraan bermotor dalam keadaan mengantuk.

13. Tertib berlalu lintas, ikuti rambu rambu lalu lintas, ikuti saran petugas jasa marga atau aparat Kepolisian, saling menjaga emosi sesama pemudik.

14. Hati-hatilah saat meminum obat-obatan diwaktu Anda akan berangkat mudik. Lihat dan perhatikan keterangan dari obat tsb, Jangan sampai memakan obat yang dapat mengakibatkan Anda mengantuk diperjalanan.

15. “Pastikan Anda telah mengetahui rute jalan yang akan ditempuh” dan tempat tempat lain yang penting seperti Pom bensin, tempat makan, tenda peristirahatan dan lain sebagainya.

16. Berdo’a lah sebelum berpergian kepada-NYA, mintalah perlindungan dari-Nya dalam setiap perjalanan Anda disaat Anda pergi dan pulang.

17. Jangan lupa mengunci rumah dengan benar dan nyalakan lampu depan rumah jika Anda akan menginap selama beberapa hari dan Jangan lupa listrik matikan bila tidak digunakan selanjutnya titipkan rumah kepada tetangga atau petugas jaga di daerah Anda yang dapat dipercaya jika tetangga atau petugas dilingkungan Anda tinggal tidak mudik.

18. Jika Anda sampai di tujuan ucapkanlah “Alhamdulillah”
Karena Allah SWT lah Anda selamat dalam perjalanan.

Selamat mudik semoga Anda selamat dalam perjalanan pulang dan pergi serta semoga Allah SWT selalu menyertai dan melindungi kita selalu. Amien.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: