‘GURITA CIKEAS’

JAKARTA – Dukungan pro dan kontra atas peluncuran buku Membongkar Gurita Cikeas: Di Balik Skandal Bank Century karangan George Junus Aditjondro. Menteri Dalam Negeri Kabinet Indonesia Muda Bone Hargens menilai buku tersebut bisa dijadikan panduan panitia angket Bank Century.

“Buku ini tidak dapat dijadikan bukti hukum untuk mengungkap skandal Bank Century, tetapi bagi KPK dan Pansus di DPR buku ini dapat memandu untuk menggiring dan mengungkap fakta hukum yang ada,” kata Bone.

Ini diungkapkan Bone saat jumpa pers “Pernyataan akhir tahun Kabinet Indonesia Muda” di Wisma Kodel, Jakarta, Senin (28/12/2009).

Dia menjelaskan, jika ada pihak maupun kelompok tertentu yang terganggu dengan penerbitan buku ini, harus juga melihat dari aspek demokrasi.

“Kalau ada kelompok politik yang terganggu (pemunculan buku ini) harus memperhatikan dari aspek demokrasi. Nantinya hal ini bisa menjadi kontraproduktif yang akan merugikan kelompok-kelompok tertentu,” tegasnya.

Sementara itu, Bone menilai ada pihak yang melarang buku tersebut beredar. “Buku George memang tidak ada pelarangan resmi dari pemerintah, tetapi substansi sudah ada pelarangan karena sudah ditarik di sejumlah toko besar,” tandasnya.

“Mestinya buku ini diapresiasi, karena dia telah melakukan studi lapangan dan membatu kita mencari kebenaran di balik skandal Bank Century. Buku ini jangan dilarang peredarannya,” lanjutnya.

Buku karangan George Junus ini memunculkan polemik, karena memaparkan data-data sensitif terkait Presiden SBY dan orang-orang di sekitarnya. Salah satunya terkait dengan dugaan keterlibatan orang-orang di sekitar SBY dalam skandal Bank Century yang merugikan negara sebesar Rp6,7 triliun itu.

Sementara itu Presiden menyatakan prihatin atas terbitnya buku yang isinya menuding sejumlah yayasan milik keluarga Cikeas sebagai pengumpul dana bagi kegiatan kampanye SBY pada Pilpres lalu.

SUMBER : OKE ZONE

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: